Info Desa

Sianjur Mulamula adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Desa ini dikelilingi bukit-bukit yang indah, hamparan sawah yang teratur dan memiliki keajaiban alam yang sangat memukau dengan warga berjumlah 695 jiwa dan terbagi menjadi tiga dusun.

Saat menyambangi desa tersebut, ketenangan dan kesejukan sekitar sudah terasa dan tentu membuat betah. Apalagi saat mendaki kaki gunung Pusuk Buhit dan melihat Desa Sianjur Mula-mula dari atas, keindahan bukit dan persawahan yang bewarna membuat desa ini semakin memikat.

Secara geografis, desa Sianjur Mulamula ini berada 1080 m di atas permukaan laut. Diapit oleh dua lembah yaitu Lembah Sagala dan Lembah Limbong di sebelah barat daya Danau Toba menjadikan desa ini lebih didominasi oleh sumber-sumber air (mual). Hampir semua rumah penduduk desa ini berada di kaki lembah. Di sepanjang tepi desa, yang terlihat hanyalah tebing yang menghubungkan antara desa ini dengan desa-desa di daerah Kab. Dairi dan Kab. Karo.

Kehidupan di Desa ini tergolong aman dan nyaman. Semua orang yang ditemui sangat ramah. Terbukti dari cara mereka menyambut orang yang baru mereka kenal termasuk peneliti. Mereka masih mempertahankan budaya Batak Toba sebagai warisan leluhur mereka.

Berdasarkan sejarah oral Batak, Desa Sianjur Mula-mula adalah wilayah permukiman orang Batak pertama yang disebut Siraja Batak. Sitor Situmorang (2009:11) mencatat, bahwa desa ini “menurut sejarah lisan Toba, yaitu tarombo (silsilah), merupakan desa yang diwariskan dari generasi ke generasi, pemukiman pertama, desa yang terorganisir, didirikan oleh leluhur orang Batak Toba melalui usaha pertanian bersawah dan memakai sistem irigasi.” Pemaparan tersebut menggambarkan bahwa sejak awal mula, orang Batak di daerah tersebut sudah membangun hubungan yang akrab dengan alam. Dan juga, tanah dan segala isinya itu yang pertama sekali dikenal. Alam itulah yang pertama yang dengannya manusia Si Raja Batak berelasi.